Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak

Untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat pada anak, bukan hanya mengajarakan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi anak dengan menggosok gigi secara teratur saja. Anda juga harus bisa memilih dan memberikan anak beberapa makanan yang bisa mendukung fungsi gigi dan membuatnya tetap kuat serta sehat.

Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak



Stroberi

Siapa yang mengira buah cantik berwarna merah ini bisa menghilangkan sedikit demi sedikit noda pada gigi. Namun, itulah faktanya karena buah ini mengandung Malic Acid yang berfungsi untuk menghilangkan noda pada gigi anak.

Apel

Buah apel yang diberikan dalam bentuk potongan segar setelah makan jauh lebih baik daripada kue-kue manis. Selain mengadung vitamin, buah apel dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan kesehatan gusi. Daging buah apel yang bertekstur akan berperan seperti sikat gigi saat dimakan. Berikan buah apel sebagai cemilan diantara waktu makan mereka.

Buah pir

Seperti halnya buah apel, pir mengandung kadar serat yang tinggi. Didalam mulut si kecil makanan kaya serat akan memicu pengeluaran cairan saliva atau ludah. Menurut hasil penelitian yang dilakukan di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan, buah pir mampu menetralkan kadar asam pada permukaan gigi sehingga dapat menghambat gigi berlubang atau keropos.

Kiwi

Kadar vitamin C pada buah kiwi yang lebih banyak dari buah lainnya bisa mencagah gusi anda sehat. Karena sebuah penelitian menemukan bahwa jaringan kolagen pada gusi bisa rusak dan membuat gusi anak rentan terkena bakteri dan kandungan vitamin C ini akan mencegahnya.

Jeruk

Termasuk buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C seperti kiwi, papaya, manga, dan stroberi adalah buah-buahan yang direkomendasikan untuk diberikan pada si kecil setiap hari. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membantu menjaga kesehatan gusi. Buah-buahan tersebut dapat diberikan secara langsung atau dalam bentuk jus.

Ubi jalar

Jenis makanan ini mengandung kadar vitamin A yang cukup tinggi dan vitamin A berperan penting dalam pembentukan enamel gigi. Bunda dapat menyajikan ubi jalar dengan cara dioven, digoreng, atau dikombinasikan dengan jenis bahan makanan lainya.

Keju

Bahan hasil olahan susu ini terkenal akan kandungan unsur kalsiumnya yang tinggi. Kalsium diperlukan tubuh diantaranya untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu kandungan fosfat didalam keju membantu menyeimbangkan kadar keasaman mulut si kecil sehingga dapat menghambat resiko pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Keju khususnya jenis chedar dapat disajikan secara langsung sebagai cemilan atau dikombinasikan dengan makanan lainya.

Dengan melengkapi makanan sehat di atas pada si kecil, gigi putih, kuat, dan sehat bisa mereka dapatkan.

0 Responses to “Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak”

Posting Komentar