Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Memberikan Susu Formula pada Bayi dengan Benar

Ketika bayi sudah layak mendapatkan susu formula, atau dalam keadaan tertentu ibu terpaksa memberikan susu formula terlebih dahulu dalam keadaan tertentu, lakukan pemberian susu formula pada buah hati dengan cara yang baik dan benar. Jikalau anda tidak tahu bagaimana prosedur yang tepat, simak beberapa tips memberikan susu formula pada bayi dengan benar, di antaranya :

  
Memperhatikan Usia bayi

Usia bayi dibawah satu tahun sangatlah penting, sehingga tidak boleh sembarangan termasuk saat memberikan susu kepadanya. Yang terbaik adalah mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak terutama saat bayi masih dibawah usia satu tahun.

Jangan menggunakan microwave untuk memanaskan susu Yang terbaik adalah memberikan susu formula dengan jumlah cukup pada botol, sehingga bisa habis sekali minum. Susu formula yang tidak habis bisa cepat basi pada suhu ruangan, dan bisa menyebabkan bayi tak mau minum lagi bahkan menyebabkan diare dan kembung. Namun jika anda ingin menghangatkan kembali botol susu, sebaiknya tidak menggunakan mikrowave karena hanya bisa menghangatkan susu sebagian dan memunculkan gumpalan yang dapat melukai lidah sikecil. Tapi alat ini masih bisa dimanfaatkan untuk memanaskan air didalam wadah kemudian untuk merendam botol susu agar tetap hangat dan tidak basi.

Teliti takaran susu formula

Kurang air pada susu formula dapat menyebabkan bayi mengalami dehidrasi atau bahkan bisa diare . Setiap produk susu formula mencantumkan takaran yang sesuai untuk air dan bubuk susu pada label kemasan, dan sebaiknya menggunakn panduan produsen dengan benar. Kalau kurang air bisa menyebabkan bayi diare atau dehidrasi, sebaliknya kalau berlebihan air dikhawatirkan akan mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh Bayi Anda. Hal yang tak kalah penting adalah untuk memastikan jika air susu sudah hangat kuku sesaat sebelum diberikan kepada bayi, artinya sudah aman bagi lidah bayi. Teteskan pada lengan untuk mengetahui apakah air susu sudah cukup hangat dan aman bagi bayi.

Perhatikan posisi bayi

Ibu juga harus memahami cara bayinya ketika ia minum susu formula. Apabila bayi mengalami kesulitan minum susu formula, cobalah untuk memberikannya secara perlahan dan sedikit demi sedikit. Ketika selesai memberikan minum susu, posisikan kepala bayi berada diatas.

Jangan memaksa bayi menghabiskan

Banyak ibu-ibu yang membuat susu untuk bayinya secara berlebih kedalam botol mereka, sehingga kadang tanpa sadar mereka telah memaksakan untuk dihabiskan. Hal ini tak baik karena bayi juga mempunyai batasan untuk minum susu, umumnya sekitar 60 mili hingga 90 mili setiap satu hingga 3 jam setiap hari. Berikan susu formula pada saat bayi sedang menunjukkan tanda lapar dan hentikan pada saat sudah merasa kenyang.


Artikel lainnya :

4 Jenis Buah Sehat Ini Sebagai Makanan Bayi 6 Bulan
Manfaat Rutin Minum Susu untuk Kesehatan Anak 



Pastikan botol dan dot selalu dalam keadaan higienis

Kuman bisa terdapat dimana saja termasuk tangan kita apabila belum cuci tangan menggunakan sabun antiseptik. Dan ketika kita menyentuh botol bakteri bisa berpindah kedalam susu dan meneyabkan penyakit pada sikecil. Untuk memastikan botol atau dot selalu dalam kondisi steril, pastikan merebusnya dengan air hingga mendidih sekitar selama 15 menit sebelum digunakan. Juga jangan pernah lupa mencuci tangan sebelum mempersiapkan susu untuk bayi anda.

Perhatikan cara penyimpanan susu yang benar

Baca baik-baik petunjuk mengenai jangka penyimpanan susu formula untuk bayi Anda.

Tahap atau prosedur yang benar, tentu akan memberikan pengaruh dan manfaat yang baik pula bagi si kecil.

0 Responses to “Tips Memberikan Susu Formula pada Bayi dengan Benar”

Posting Komentar